Thursday, April 29, 2010

1001 Parkir Sepeda di Kopenhagen


Tempat parkir yang menyediakan ruang khusus bagi roda depan sepeda. Selain untuk "mengamankan" sepeda, model parkir seperti ini juga membuat penempatan sepeda tampak rapi.

KOMPAS.com – Ibukota Denmark, Kopenhagen, dikenal sebagai salah satu kota yang sebagian besar warganya telah menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utamanya. Maka tak heran, pemerintah pun menyediakan segala fasilitas yang memudahkan bagi para pengguna sepeda. Salah satunya adalah ketersediaan kawasan parkir khusus yang aman dan nyaman.

Saat menelusuri beberapa sudut kota ini, dijumpai beberapa model parkir yang cukup menarik. Khususnya untuk menempatkan sepeda
secara aman agar tak "digondol" maling. Meskipun begitu, menurut cerita warga, sepeda lebih sering ditinggalkan pemiliknya dibandingkan yang dicuri.

Diantara sekian macam parkiran sepeda, beberapa model sempat diabadikan Kompas.com. Ada yang menyediakan ruang bagi ban depan, sehingga sepeda tak gampang terguling ke kanan atau kiri ketika berhimpitan dengan sepeda lain. Cara ini terkadang, digunakan untuk mengunci ban sepeda sehingga tak mudah pula dibawa lari orang tak bertanggungjawab. Dengan model memarkir seperti ini, pemandangan yang dilihat dari jejeran sepeda juga tampak rapi dan sedap dipandang mata.

Nah, ada juga model yang lain. Disediakan tempat khusus yang menutup sadel atau tempat dudukan sepeda agar aman dari tutupan es saat musim salju tiba. Nah, bagi yang tak ingin ribet dengan model memarkir seperti di atas, biasanya hanya meletakkan sepedanya begitu saja dan mengandalkan kunci manual.


Author: KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment