Wednesday, May 5, 2010

Hasil test Sepeda Listrik

Dari hasil pemasangan peralatan sepeda listrik, hasil utuh dapat dilihat di gambar samping.
  1. Indikator battery berikut lampu ditempatkan di stang
  2. Battere 36 volt dengan berat 17 kilogram ditempatkan di belakang dengan dudukan yang kokoh.
  3. Hub dinamo terpasang di roda belakang dengan berat +/- 6 kilogram
  4. Rem dan pemutus arus listrik menjadi satu menggantikan rem terdahulu
  5. Sensor pedal belum terpasang.
Hasil test Sepeda Listrik di jalan rata
  • Peralatan dapat bekerja dengan baik dan perputaran roda berjalan mulus hanya terdengar detik suara hub belakang.
  • Lampu indikator berjalan bagus dengan lampu hidup full untuk battery terisi penuh
  • Pada test malam hari lampu menyala kurang terang
  • Bagian belakang yang mendapat tambahan beban battery (17 Kg) dan dinamo (6 Kg) terasa kurang seimbang, dan terasa pada saat menikung,  karena bagian belakang terlalu berat.
  • Pada jalan tanjakan dan melalui polisi tidur, roda depan terangkat, sehingga posisi pengendara harus condong kedepan untuk menjaga stabilitas.
  • Suara dan hentakan keras di roda belakang pada saat melewati lobang atau polisi tidur,  jelas karena roda belakang tidak menggunakan suspensi dan menahan beban 23 Kg sendiri, sedangkan berat sepeda tanpa beban dan tambahan peralatan hanya 16 Kg
Dari beberapa test yang telah dilakukan, sepeda listrik dengan komposisi letak demikian hanya cocok untuk jalan datar dan tidak banyak goncangan, tikungan dan tidak disarankan untuk digunakan di jalan raya karena tidak seimbang.

Saya merasa kurang puas dengan hasil diatas, karena keinginan saya bersepeda untuk cross country, oleh karena itu beberapa model penempatan alokasi beban yang tadi nya terpusat di roda belakang coba saya pindahkan ke center sepeda, memang di satu sisi agak menekan keindahan sepeda..

No comments:

Post a Comment