Friday, May 14, 2010

Tips Cross Country dengan Menggunakan Sepeda Listrik

Mengendarai Mountain bike dengan upgrade cranksaft 52 t berikut dengan tambahan daya listrik 500 watt bukan untuk medan yang banyak tikungan dan tanjakan memang perlu lebih hati - hati dibandingkan dengan menggunakan sepeda mountain bike biasa, karena pedal sensor akan bergerak otomatis sehingga sepeda akan terdorong kedepan dengan cepat dan pada saat tikungan, rem dan pemutus arus listrik segera harus bekerja sehingga daya dorong sepeda tidak optimum. 
 
Pada jalan datar sepeda listrik dengan menggunakan sensor pedal dapat berlari 50 - 60 km / jam, mesin dinamo dapat bekerja optimum dengan terlihat dari daya dorong pada sepeda yang kuat dan ringannya pedal pada saat mengayuh, jika kayuhan pedal anda terasa kosong, sebaiknya anda ganti crank shaft anda ke tingkat yang lebih tinggi 52.  Kenikmatan pada jalan rata bagi pengguna sepeda listrik yang dilengkapi dengan sensor pedal akan terasa sekali pada jalan rata, dan anda tidak usah heran jika dengan mudahnya anda dapat melewati sepeda roadbike dengan mudah.  tetapi bagi penggemar cross country dengan sepeda listrik yang menggunakan sensor pedal menempuh rintangan yang berliku - liku, tanjakan dan tanah yang licin dapat membaca beberapa tips dibawah ini:
 
Beberapa point yang harus diperhatikan bagi mountain bike (Cross Country) dengan menggunakan tenaga listrik:
  1. Pastikan sepeda dalam kondisi stabil dalam arti beban battery dan dinamo dalam keadaan setimbang, posisi battery sebaiknya ditempat kan di tengah
  2. Pastikan battery terisi penuh.
  3. Pastikan battery duduk dan terikat kuat pada sepeda anda, kondisi cross country yang penuh goncangan akan berakibat geser nya dudukan dan battery dapat terlepas dan terlempar.
  4. Perkencang setiap baut - baut dan pedal tempat sensor, dengan pemakaian tenaga listrik dan beban yang lebih berat dapat berakibat kendornya baut
  5. Hati - hati dalam mengambil tikungan tajam, sensor pemutus arus listrik pastikan bekerja dan ingat jika Anda menggunakan penggerak dinamo roda belakang, maka bagian belakang Anda akan lebih berat, jika tanah licin akan berakibat ban slip dan sepeda terlempar.
  6. Pada saat tanjakan, pindahkan gear ke tingkat yang lebih rendah dan ringan, putaran pedal konsisten, mesin akan membantu anda dalam tanjakan.
  7. Pada tanjakan dengan kemiringan tinggi, pastikan anda tidak menggunakan tenaga twist, gunakan tenaga sensor pedal, jika anda menggunakan keduanya akan berakibat kurang optimum.
  8. Letakan posisi battery ditempat yang central biasanya ditempat up tube dan pastikan dudukan kuat dan stabil agar tidak menjepit paha anda.
  9. Pada turunan / down hill putuskan arus dan pastikan rem anda bekerja sempurna
  10. Setel tinggi sadel yang sesuai untuk anda, dan kaki anda mudah mencapai tanah dan menumpu secara baik, ingat beban sepeda listrik anda bertambah berat dan anda harus mempunyai tumpuan yang baik.
Setelah selesai, anda dapat mencuci sepeda anda seperti biasa dan sebelum mencuci jangan lupa lepas battery dari dudukan.
Selamat bersepeda........:)

No comments:

Post a Comment