Friday, May 7, 2010

Test Modifikasi Sepeda Listrik

Dari hasil test on road pertama menggunakan brushless dinamo penggerak roda belakang dan penempatan batere ditempatkan di belakang sadel tidak lah terlalu memuaskan,  keseimbangan sepeda terlalu berat ke belakang, hal ini disebabkan beban total di belakang mencapai 22 kg (battery dan dinamo) dan untuk tikungan, bagian belakang akan sukar dikendalikan.


Melihat dari hasil pertama,  penempatan battere kami coba tempatkan di bagian tengah, berhubung  sepeda federal yang kami miliki jenis lady, maka rak sepeda sedikit di modifikasi dan penempatan battery agar tidak menggangu pada posisi kaki pada saat mengayuh.


Hasil Photo Sepeda Listrik setelah modifikasi 


Test di Jalan.
  1. Sepeda kembali seimbang dan tikungan dapat dilahap dengan baik tanpa kesulitan
  2. Di jalan berlobang atau pada saat melewati polisi tidur, battery tetap duduk baik dan tidak menimbulkan suara "gedubrak" ini dikarenakan  fork depan menggunakan suspensi sehingga getaran di bagian tengah tidak terlalu berpengaruh di battere.
  3. Dengan pemasangan sensor pedal dan tenaga kayuh, kecepatan sepeda bertambah lebih ringan dan cepat (+/- 45 km / jam)
  4. Walau penempatan battery tidak terlalu mengganggu pada saat mengayuh, hati - hati dengan bagian battery yang dapat menjepit paha anda..
  5. Sadel sepeda (seat post) tidak dapat terlalu tinggi dikarenakan posisi naik akan menjadi sulit
  6. Standard sepeda harus diganti atau dipindahkan di bagian dekat dengan center.
Untuk sementara kami puas dengan hasil modifikasi ini dan kami masih mencoba modifikasi berikut nya yaitu memindahkan dinamo penggerak di roda depan dan penempatan battery berada di belakang menggunakan bagasi MTB.  ikuti beritanya...

1 comment: